Cara agar rambut tidak lepek salah satunya ialah Anda bisa memilih sampo yang tepat. Rambut lepek sendiri merupakan kondisi rambut yang rata dan terlihat berminyak.

Penyebab rambut lepek sangat beragam, seperti pengaruh iklim dan cuaca, tingkat polusi yang tinggi yang membuat kulit kepala mudah berkeringat dan gatal, kelenjar minyak yang terlalu aktif di kulit kepala, cara keramas yang salah, dan pemakaian hijab yang tidak baik.

Tanda-tanda rambut lepek yang paling terlihat ialah kulit kepala berminyak, akar rambut rata, dan kehilangan volume. Jenis rambut lurus dan helai tipis juga semakin membantu rambut menjadi mudah lepek. Bagi Anda yang merasa sudah sering keramas namun rambut selalu berminyak dan terlihat rata, simak cara agar rambut tidak lepek berikut ini.

Bagaimana cara agar rambut tidak lepek?

1. Gunakan Shampo Penambah Volume

Langkah awal yang penting dalam merawat rambut agar tidak mudah lepek ialah memilih sampo yang tepat. Pilih sampo dengan keterangan volumizing jika Anda mempunyai jenis rambut yang cenderung berminyak atau mudah lepek. Shampo jenis ini dirancang khusus untuk mengontrol minyak berlebih dan membuat rambut Anda lebih mengembang.

2. Hindari mengoleskan conditioner ke kulit kepala

Selain menggunakan sampo yang tepat, melembabkan rambut pendek dengan conditioner juga penting sebagai perawatan dasar rambut agar tidak mudah lepek.

Hindari penggunaan conditioner dari kulit kepala, karena akan membuat rambut Anda terlihat berminyak dan lepek dalam hitungan jam. Sebagai gantinya, gunakan conditioner dari bagian tengah hingga ujung rambut Anda setiap kali Anda keramas.

3. Jangan menggunakan banyak produk penataan rambut

Salah satu kesalahan yang dilakukan banyak orang saat mencoba menghilangkan rambut lepek ialah menggunakan terlalu banyak produk. Anda mungkin tergoda untuk menyemprotkan banyak mousse dan hair spray untuk menambah volume pada rambut Anda.

Namun, rambut pendek tidak membutuhkan produk penataan rambut sebanyak rambut panjang. Selain itu, menggunakan terlalu banyak produk penataan rambut hanya akan menumpuk dan membebani rambut Anda, membuatnya terlihat lepek.

Tidak masalah jika Anda ingin menggunakan produk penataan rambut untuk membuat rambut pendek Anda lebih penuh dan lebih penuh, namun gunakan saja mousse dan sebarkan rambut selebar kuku Anda.

4. Biarkan Rambut Kering Secara Alami

Satu lagi kelebihan mempunyai rambut pendek, yaitu mudah kering. Jadi, sebenarnya rambut pendek tidak perlu dikeringkan menggunakan hair dryer, apalagi jika rambut Anda mudah berminyak.

Jenis rambut berminyak cenderung rapuh, jadi semakin sedikit rambut yang Anda keringkan dengan pengering rambut semakin baik. Nah, agar rambut tidak mudah lepek, biarkan rambu mengering secara alami atau gunakan hair-dryer (pengering rambut tanpa pemanas). Jika Anda ingin menggunakan pengering rambut, pastikan Anda menyetelnya dengan panas kecil.

5. Jangan Sering Menyisir Rambut

Rambut pendek juga tidak harus disisir sesering rambut panjang. Selain itu, alih-alih menggunakan sisir, sebaiknya Anda menyisir rambut pendek menggunakan jari. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa menyisir rambut pendek dengan jari sudah cukup untuk membentuk dan menatanya.

Untuk menata rambut pendek agar terlihat lebih berisi dan berisi, Anda bisa menggunakan jari untuk mengangkat atau melebarkan rambut. Namun ingat, hindari sering menyentuh atau merapikan rambut pendek Anda saat beraktivitas. Pasalnya, tangan Anda mungkin sudah terkontaminasi bakteri tanpa Anda sadari dan sering menyentuh rambut tidak hanya membuat rambut berminyak, namun juga kotor.

Simpan sisir di dalam tas agar Anda bisa menggunakannya untuk menyisir rambut alih-alih menggunakan jari. Setalah mengikuti Langkah-langkah di atas, maka hanya kemungkinan kecil terjadinya rambut akan lepek. Demikian pembahasan kita kali ini tentang kesehatan dan perawatan rambut agar tidak mudah lepek, sekian terima kasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *